Jumat, 20 September 2013

Rangkuman Geografi


By on Jumat, September 20, 2013


BAB VII
KONSEP WILAYAH DAN PUSAT PERTUMBUHAN

A.       Wilayah Formal dan Fungsional
Tempat merupakan bagian ruang di Bumi, baik berukuran luas atau sempit yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Wujud tempat dapat berupa Benua, Pulau, Negara, Kota, Desa, Dusun, dan daerah tidak berpenghuni. Tempat tersebut biasanya mempunyai nama dan batas-batas serta ciri-ciri yang bersifat fisik maupun sosial. Ciri fisik suatu tempat misalnya iklim, bentuk lahan, tanah, hidrosfer, flora, dan fauna. Ciri sosial suatu tempat misalnya bahasa, agama, sistem ekonomi, sistem politik, dan penyebaran penduduk.
Wilayah merupakan suatu konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengorganisasi daerah (area) di muka Bumi untuk berbagai tujuan. Wilayah dapat berukuran sekecil rukun tetangga (RT) atau sebesar Negara. Orang-orang yang hidup dalam suatu wiayah dapat menyebabkan konflik baik secara internal maupun eksternal.
Para ahli kewilayahan secara umum membedakan wilayah menjadi dua meskipun kadang ada yang membedakan wilayah menjadi tiga. Pembedaan wilayah di Bumi menjadi dua sebagai berikut.

1.     Wilayah Formal
Wilayah formal  dicirikan oleh sesuatu yang dimiliki atau melekat pada manusia dan alam secara umum, seperti bahasa tertentu yang digunakan penduduk, agama, kebangsaan, budaya, dan identitas politik serta tipe iklim tertentu, bentuk lahan, dan vegetasi.
Wilayah formal dapat ditentukan dengan ukuran-ukuran penduduk, pendapatan per kapita, latar belakang suku bangsa, hasil pertanian, penyebaran dan kepadatan penduduk, hasil industri, serta juga pemetaan karakteristik fisik seperti temperatur, curah hujan, dan jenis musim.

2.     Wilayah Fungsional
Wilayah fungsional berada di sekeliling titik pertumbuhan dan terjalin dengan titik pertumbuhan melalui system transportasi, sistem komunikasi, atau kelompok ekonomi, seperti manufaktur serta perdagangan. Salah satu bentuk wilayah fungsional adalah kota metropolitan Jakarta.
Wilayah fungsional lain yang berskala kecil adalah pusat perbelanjaan yang berbantuk Mal atau Supermarket, daerah yang dilayani oleh subuah bank, Bandar udara, dan daerah kegiatan yang sibuk.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkomentar